Sunday, June 22, 2014

Aplikasi Datuner, Nyetem Gitar di Android

  No comments
Untuk menghasilkan bunyi yang enak di dengar pada suara gitar sobat tentunya harus menyeimbangkan nada nada yang di hasilkan dari petikan petikan senar pada gitar, jika suaranya fals atau sumbang pasti gak enak banget di dengar, apalagi kalau yang nyanyi juga fals suara nya :)
Nah untuk mengepaskan suara pada gitar tersebut biasanya kita menggunakan toner guitar, apa itu tuner? Tuner atau tuner adalah alat bantu untuk menyetem atau menyeimbangkan suara pada gitar hingga menghasilkan nada standar yang pas. Alat ini biasanya di jual dengan harga antara Rp200.000,00 ke atas dah.
Jika sobat memakai smartphone android bersukurlah, karena tidak harus membeli alat itupun sobat bisa menyetem gitar sobat dengan benar, masa? iya.
Stem Gitar di Android
Nama aplikasi ini Datuner sob, Coba sendiri aja sob Download aplikasi nya di playstore, tapi gak full version tapi kalau sobat mau aplikasi Datuner android yang full version silakan download disini ajah :).

Kalau sudah di download aplikasi Datuner nya silakan di buka sob, untuk setingan biarkan saja standar seperti itu, terus coba deketin android sobat ke guitar sobat dan coba petik salah satu senar nya, pasti disitu bakalan ada indikator tanda nada naik turun, nah untuk mengepaskan suara gitar sobat ini langkah langkah nyetem gitar di android menggunakan aplikasi Datuner

1. Buka aplikasi Datuner nya dan dekatkan android sobat ke gitar
2. Petik senar no 1 atau senar paling bawah, senar paling bawah nada standar nya adalah "E" jika indikator di Datuner menunjukan "E" dan berada di tengah atau indikator menjadi hijau itu berarti nada sudah pas, tapi jika masih orange itu belum pas, jika indikator menunjukan nada "D" berarti senar masih kurang kencang, tapi jika indikator layar menunjukan nada "F" itu berarti terlalu kencang nada urutan nya seperti ini sob dari senar paling bawah atau no


1. E
2. B
3. G
4. D
5. A
6. E
Jika senar "E" yang kita stem tadi nada nya sudah benar maka senar berikut nya B G D A E pas kan sampai indikator di Datuner warnanya menjadi hijau dengan nada masing masing senar.
Jika masih kurang jelas, tanyakan saja di komentar sob, tenang saya juga mantan Gitaris abal abal :)

No comments :

Post a Comment