Monday, June 23, 2014

Cara Flash Ulang Mengatasi Asus Zenfone 4 Mati/Bootloop

  56 comments

Halo gan, kembali setelah kemarin membahas Cara Pasang CWM Recovery Asus Zenfone 4 tutorial kali ini yaitu mengatasi asus zenfone 4 yang bootloop atau mati dengan cara flash ulang, penyebab bootloop itu di karenakan trial and eror saat kita melakukan oprek, modif atau sejenis nya pada android. atau terkadang Bootloop di Android terjadi begitu saja gan alias bootloop dengan sendirinya, gak percaya? kalau saya percaya gan, pernah waktu saya menggunakan Android Acer Z120, Semalam saya tinggal tidur, besok nya hh saya ikut tidur gan :)
Apa itu Bootloop? Bootloop itu biasanya ditandai dengan gejala android agan setengah hidup setengah mati gan :) hidup tapi cuma berhenti di logo start saja dan tidak bisa masuk ke menu dan biasanya berulang ulang, di tunggu sampai 7 hari 7 malam pun tetap seperti itu hah hah

Lanjut ke topik gan, berikut cara mengatasi bootloop / mati / berhenti di logo atau sejenis nya di Asus Zenfone 4

  1. Ber Do'a gan, ber do'a mulai..!
  2. Download aplikasi platform tool, Download
  3. Download Stock ROM Asus Zenfone 4, Download
  4. Extrak Platform Tool, pindahkan hasil ekstrak ke local disk D atau terserah mau di taro dimana :) .
  5. Ekstrak kembali stock rom Asus Zenfone 4, copy file fastboot.img ke dalam folder patform tools lalu copy juga stock rom Asus Zenfoe 4 ( format WinrarZip ) ke dalam folder platform tools.
  6. Oke sekarang ke Zenfone agan, matikan Zenfone. Hidupkan kembali dengan menekan tombol power + vol up + vol down.
  7. Jangan lupa factory reset terlebih dahulu, kemudian ikuti langkah nomer ( 6 ). Sehingga muncul gambar seperti ini :
    Flash Zenfone 4
  8. Colokan USB dari komputer ke Zenfone 4.
  9. Di folder platform tools tekan SHIFT + klik kanan pilih open command window here.
  10. Kemudian ketikan kata ini "fastboot flash fastboot fastboot.img" tanpa tanda petik, enter.
  11. Setelah selesai ketikan kembali "adb side load NAMASTOKROM.zip", enter.

Flash zenfone 4 bootloop
Jika semua langkah-langkah flash ulang Zenfone 4 yang Bootloop di atas di lakukan dengan benar, insya Allah penyakit handphone agan sembuh kembali :)
Jangan lupa berdo'a gan, karena dokter ahli bedah pun sepertinya belum tentu bisa menyembuhkan penyakit Bootloop di Zenfone ini. Terima Kasih semoga bermanfaat.

56 comments :

  1. Berhasil gan terimakasih tutor nya, awal nya bingung ternyata work juga.. yess

    ReplyDelete
  2. gan ane gagal di adb slide load ......

    malah keluar menu help di cmd

    help gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke detect gak gan via adb di mode fastboot??
      pake perintah adb devices

      Delete
    2. lihat figure, bukan "adb slide load", tapi : "adb sideload".

      Anyway, punya saya juga stack setelah enter adb sideliad xxx.zip.
      setelah 15 minutes muncul device no found.

      Delete
    3. Anonymous yang saya juga gitu,solusinya gmn ni,?

      Delete
  3. gan kok ane gak berhasil ya???ad videonya gak??? o ya kebetulan pas sebelum bootlop zenfone ane gak idup mode debugging..apa itu ngaruh ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan pengaruh usb debuggingnya harus aktif terlebih dahulu
      ane pake tutor ini berhasil gan

      Delete
    2. kalo belum debug gimna gan

      Delete
  4. gan kalo di situ kan bisa ya
    sending : "update.zip" 100%

    kalo ane
    eror: devices not found

    itu gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan dulu driver sudah terinstal dengan benar gan

      Delete
    2. sama gan ane jg not found, drivernya terinstal kok, kan flash fastboot.img nya berhasil, cuman di perintah adb muncul devices not foud

      Delete
    3. maaf gan download stockrom dimananya situs ya? mr.x

      Delete
  5. peke fastboot Versi berapa gan?? btw ada fastbooti.mg yang V307??
    mita tolong upload in kaulo punya.. versi yang baru2 gak bisa detect adb nya...

    ReplyDelete
  6. download stockromnya dimana..??

    ReplyDelete
  7. Halo agan Anonim :)

    Pake fasboot stockrom yang versi pertama gan

    Stockrom zenfone nya download di link atas itu gan

    ReplyDelete
  8. Kalau tanpa PC/laptop bisa gk gan?

    ReplyDelete
  9. Ada yang sudah berhasilkah....
    pnya saya, saya bawa ke CS belum kelar - kelar...
    kalo emang ada yang berhasil mending flash sendiri,,

    ReplyDelete
  10. ane gagal terus, pengen bawa ke sc malah wkwk

    ReplyDelete
  11. Ane dh bwrhasil flash fastboot.img
    To pas flash and sideload device not found... hmm solutions fan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ane juga gagal disitu nya mulu

      Delete
  12. kurang falid nih tutor..!!
    kasusnya sama dr td punya saya "device not found"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, sebelum bootloop, apa usb debugging di zenfone agan sudah aktif? Coz punya ane sebelum bootloop usb debugging nya nyala gan, bagi agan yang belum berhasil ane juga kurang tau persis letak kesalahan nya, tapi yang jelas tutor yang ane tulis disini sudah ane praktekin kemarin waktu zeny ane bootloop gan, ane cuma berbagi pengalaman saja :)

      Delete
  13. kalo untuk masalah asus zenfone 5 yg mati tiba2 tanpa di oprek man, tolong iya yg tw solusinya langsung kabarin thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalu itu mah kayak nya harus di bawa ke service center asus nya bro, minta ganti yang baru :)

      Delete
    2. maksudnya ganti yang baru apa gan?
      soal'a hp zenfone 5 saya begitu,tiba"mati sndiri udh 2 hari 2 malam nih gan
      tolong bantu saya ya gan, saya stres kali kalau hp bermsalah:(

      Delete
  14. tolong jelasin dengan rinci lankah nomor 5 dan 11 ?
    terimaksih

    ReplyDelete
  15. CMIIW ya gan setau ane driver adb ama fastboot itu beda. jadi meski pas fastboot kedetek dan bisa flash fastboot belom tentu bisa adb kalo ga install lagi driver adb. jadi coba d cek apa d device manager sudah tidak ada device dengan icon tanda seru warna kuning.

    ReplyDelete
  16. Gan, zenfone 5 ane bootloop, ane ikutin langkah no 6 gak mau masuk recovery mode (masuknya ke logo ASUS terus). kenapa yaa ? apa key combinations nya beda. MInta bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk zenfone 5 kyknya sama masuk ke recovery mode di zenfone 6 coba dengan cara tkn tmbl vo.+ bersamaa. Dgn tombol.power klo munxul kogo drggu bbrpa mnt biasa satu mnt baru muncul recovery mode

      Delete
  17. punya ane device not found gan.. minta link drivernya dong gan..
    dan pas saat install fastboot.img tidak ada process yang menunjukkan secure device dan signed image.. apakah pengaruh gan? ane minta tolong gan..

    ReplyDelete
  18. Hi salam kenal..

    1. Boleh tau agan shezar bootloop krn apa?
    2. Fungsi fastboot flash fastboot.img itu buat apa...knp ga langsung k adb sideload saja?
    3. Kira2 kalo kita flash zip file yg isinya framework-res.apk ma systemui.apk saja dengan cara ini ada kemungkinan berhasil tidak ya?

    Thx atas replynya.

    ReplyDelete
  19. punya ane cuma muncul logo usb, terus di pc minta driver cloverview, udah diinstal driver nya tpi di restart masih muncul logo usb, masuk factory reset volume up +power udah ga bisa

    ReplyDelete
  20. gan gak bisa drive not found setelah adb sideload (namastokrom) nya help dong screenshoot tin dong tutor nya bantu in dong gan please :(

    ReplyDelete
  21. gan, link downloadnya gabisa nih yg platform tools

    ReplyDelete
  22. pas ane send fastboot image jalan gan cuman pas ane send adb slideload rom.zip gak jalan gan mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  23. nih fjbnya yg lebih lengkap untuk semua flash dan bootloop zenfone http://www.kaskus.co.id/show_post/53b8958da09a392d788b4582/3981/tutorial
    zenfone 5 saya succes gan seneng bgt nget
    kalo ad yg kurang jelas boleh curhat 087778559211

    ReplyDelete
  24. Kenapa ya mas zenfon 5 pas sinyal ilang malah restar otomatis..

    ReplyDelete
  25. Gan yg zenfone 5 work pke cara ini?

    ReplyDelete
  26. ka zenfone 4 ane g bisa baca storage dan selalu reboot kalau saya buka storage dan file manager
    sebelumnya memory ext sya habis saya partisi mohon bantuannya

    ReplyDelete
  27. itu stockrom buat yg versi WW..
    yg versi TW ada gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, Bngung ane nyari, distus resmi asus nya aja ga ada kan aneh

      Delete
  28. berhasil gan thank you... tutorialnya sangat jelas...

    ReplyDelete
  29. ini masuk fasboot cmn file y yg mana gan

    ReplyDelete
  30. kalo flashing ngilang ga garansinya gan ?

    ReplyDelete
  31. gan platform toolsnya ga bisa download ada ga link yg lain?

    ReplyDelete
  32. permasalahan ane bootloop dan hh gak kedetect karena mode debbug off,, gmna nihh gan tolog saya??

    ReplyDelete
  33. Gan ane nyimak sama seperti pertanyaan yang "nonaktif debug setelah bootloop" itu belum ada yg jawab gan. Jadi ane mw ketik ulang lgi ngewakilin pertanyaan yg seperti itu. Kasian gan belum terjawab...
    Ty n pls help'y gan.,

    ReplyDelete
  34. gan yg NAMASTOKROM.zip itu di ubah ya? atau langsung ketik adb side load NAMASTOKROM.zip

    ReplyDelete
  35. aduh setelah ngikutin caranya qo gk bisa yah, malah gk bisa masuk mode, hanya sampai gambar andoid, gmna nh tolong dong?

    ReplyDelete