Sunday, October 11, 2015

Cara Merubah Url Blogspot Menjadi HTTPS

  No comments
Cara merubah url Blogspot menjadi https atau koneksi aman adalah tutorial yang kali ini akan coba kita bahas.
Koneksi Https adalah sebuah koneksi yang dienkripsi sedemikian rupa sehingga informasi yang anda berikan dalam lalu lintas internet akan terenkripsi dengan aman.
Protokol transfer hiperteks adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.
Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Algoritma mesin telusur Google terus berubah dan berkembang, demi keamanan koneksi dalam berselancar dalam dunia maya Google memberikan nilai lebih pada website yang menggunakan protokol HTTPS. anda pernah dengar kabar ini bukan sebelumnya?
Dan beberapa saat yang lalu sekitar 30 September 2015 Google / Blogger telah menyediakan koneksi https yang bisa digunakan gratis untuk setiap pengguna Blogger / Blogspot. dan sekaranglah saat nya anda merubah url Blogspot ke HTTPS
Anda bisa membaca informasi lebih lengkap nya disini HTTPS support coming to Blogspot.
Ini merupakan kabar yang sangat bagus bagi kita penguuna blogspot, lalu bagaimana cara mengaktifkan koneksi ke HTTPS di blogspot? Oke, mudah saja, dibawah ini akan saya jelaskan step by step.

Merubah url blogspot Menjadi Https.


1. Pertama Backup template anda
Rubah pengaturan di bagia Setelan - Dasar - Setelan HTTPS. Seperti gambar dibawah ini

Merubah Url Blogspot Menjadi HTTPS
2. Setelah anda melakukan perubahan seperti gambar di atas, coba akses blog anda melalui https, caranya ketik di addressbar browser yang anda gunakan. https://alamatblog.blogspot.co.id apakah sudah berhasil? biasanya masih ada warning atau peringatan koneksi masih belum aman, itu dikarenakan pada template blog yang anda gunakan masih banyak konten campuran yang di load melalui koneksi yang tidak aman. seperti gambar, thumbnail, javascript dan sebagainya.

HTTPS Blogspot Non Secured
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah warning di https blogspot ini? lanjut ke langkah berikutnya,

3. Edit template blog yang anda gunakan, tekan ctrl+f pada editor template, cari dan ganti http:// ke https://
Template Edit HTTPS Blogspot
kemudian Simpan Template, dan coba akses kembali blog anda menggunakan https://
Jika sudah ada tampilan seperti ini, terdapat ikon gembok dengan warna biru, berarti langkah merubah Url Blogspot Menjadi HTTPS sudah benar.

Blogspot HTTPS Secured
Tapi jika anda masih belum berhasil merubah url blogspot menjadi https atau ikon gembok https masih berwarna merah,

Hapus script atau gadget non-Google dari blog Anda. biasanya terdapat pada script seperti recent post atau related artikel yang sudah dirubah scriptnya.
Lakukan dengan hati hati, Sekali lagi, jangan lupa selalu lakukan Backup template anda sebelum merubah atau menghapus baris script dari blog anda.
Kunjungi link berikut untuk bantuan dari Google Memperbaiki konten campuran di blog.

Sekian tutorial merubah url blogspot menjadi https, selamat ngoprheak semoga berhasil. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah.

No comments :

Post a Comment